Menggagas Batam Cyber Island

MINGGU kemarin (13/7/2008), sekitar jam 20.00 Wib, handphone selular yang saya taruh diatas kulkas berdering beberapa kali. Sebelum tanda OK saya pencet, saya melihat pada layar, panggilan dari Farhan, rekan di kantor. Ada apa ya? Pikir saya waktu itu.

Rupanya Farhan memberi kabar bahwa rekan-rekan pemilik blog di alam maya, tengah ngumpul dengan “penggila IT” senior, bang Ria dan bang Mulyanta (Kepala Telkom Riau Kepulauan). Biasalah. Mereka rupanya bikin event kelima, Ngopi darat plus, plus, plus. Saya pun diajak untuk gabung.

“Okela. Ntar abang nyusul. Barusan habis cuci motor. Setelah mandi, baru abang cabut, han” menjawab telpon Farhan di atas teras.

Kasihan meninggalkan anak, saya lantas mengajak mereka pergi. Tawaran itu rupanya membuat mereka gembira, dan saking senangnya anak saya nomor 2, Adinda Saujana Fadza (2,1 thn), bergegas ganti baju, dan sempat menangis karena takut tak diajak.

Hal yang sama juga dilakukan putri pertama saya, Azra Saujana Fadza (5,3 thn). “Udahlah cepat ganti bajunya. Nggak usah nangis lagi,” bujuk saya waktu itu.

Sesampai di Engku Putri, saya melihat kawan-kawan yang ngadain Kopdar tengah serius mendengar “celotehan” bang Ria. Kepada ajudannya, Sulton, saya sempat nanyak. Sulthon bilang acaranya baru mulai. Syukurlah jawab saya dalam hati.

Dipertemuan itu, saya melihat wajah Ricky Indrakari. Ketua DPC PKS Kota Batam itu ternyata juga blogger. Begitu juga dengan anak Bang Ria dan istrinya. Bagi Anda yang ingin kenalan lebih jauh, coba aja klik disini, www.rindrakari.wordpress.com atau www.suparti.blogspot.com dan www.zhafir.blogspot.com.

Bicara pengembangan IT di dunia maya, rupanya bang Ria punya obsesi luar biasa. Sarjana ISTN Jakarta itu bercita-cita menjadikan Pulau se Batam ini sebagai “kota modern” dengan jargon baru “Kota Cyber Island”.

Saya pun “terbengong2” mendengar pemaparan beliau tentang konsep tersebut. Dalam hati, saya hanya bisa berujar, mudah-mudahan obsesi bang Ria cepat terealisasi, amin.

Keinginan bang Ria sebenarnya “sepinggan” dengan cita-cita besar Bang Mulyanta, tamu khusus dari PT Telkom Riau Kepulauan.

Orang nomor satu di Telkom Rikep itu, agak lebih dahsyat lagi menceritakan, PT Telkom ingin memperluas jaringan dengan memperkenalkan ikon baru gugusan pulau yang membentang dari Sabang Aceh sampai ke ujung karang Pulau Nipah yang bertetangga dengan S’pura di Kepri dengan sebutan kerennya, “Sumatera Cyber Island,”. Namun cita cita besar itu akan di “elu-elukan” setelah sukses membuktikan konsep “Batam Cyber Island”.

“Kami ingin memulainya. Dan kami mohon dukungan dari para rekan blogger Batam,” sebut Mulyanta optimis.

Perbincangan semakin menarik. Malam pun semakin larut, walaupun bang Ria, saat itu kelihatannya enggan pulang ke rumah.

“Saya mengajak rekan blogger menyukseskan program ini bukan karena antara kita ada kepentingan. Tawaran ini saya sampaikan karena saya melihat, rugi kiranya kalau sebagai kawasan bertetangga, penerapan IT di Batam jauh tertinggal dari Singapura atau Malaysia. Tentang SDM, tak usah ragu. Begitu juga infrastruktur,”

” Telkom selalu berupaya mengupgrade tekhnologinya untuk mempersiapkan cita-cita besar tersebut,” komentar Mulyanta di Forum kopdar yang disertai acara santap sate, gorengan dan martabak itu.

Nah, sekarang tinggal kita. Seperti pepatah, jangan sampai tawaran baik ini akhirnya hanya menjadi fatamorgana saja. Entahlah. Dan hanya itu jawaban untuk saya hari ini. (*)

~ oleh iselantang pada Juli 15, 2008.

12 Tanggapan to “Menggagas Batam Cyber Island”

  1. Peserta Kopdar dengan membawa “pasukan” TerBanyak nih ..heheh🙂

    Salam

  2. numpang baca mas!

  3. yah tuh bang. kan karena dekatnya ke singapura reanang aja bisa. jadi kan malu juga kalo ketingalan jauh. moga moga nanti rencana malam pertemuan bloger minggu lalu dapat secepatnya terujud. batam jadi pulau cyber. yang canggihhhhhhhh gihhh gihh tentunya.

  4. Mantab kali tulisan abang kita ni!!

  5. Wah, salut untuk tulisan mas Ise Lantang, menarik dan enak di baca.

  6. hallo adek Azra hehehe…keingetan si dedek waktu kopdar nih

  7. Mudah2an bukan fatamorgana bang, ayo sama2 kita wujudkan.

  8. yah, kok aku tak diajak seh…

  9. masih pada tulisan yang sama

  10. Ngomongin batam cyber island..jd inget mega project N-21 (nusantra-21) yg beberapa tahun yg lalu dicetuskan, sayang keburu kena krismon dan sekarang gak jelas gimana kelanjutan project tsb. barusan check bbrp Web-nya di http://n21.ac-id.net/,
    http://www.nusantara21.co.id/
    http://www.lp.itb.ac.id/~yc1dav/N21/
    sudah gak bisa diakses lagi hiks..:-(
    Batam cyber island saya pikir adalah versi mini dr project N-21 yg tingkat kesulitannya seharusnya lebih “mudah”. Apalagi topologi penduduk batam dgn kawasan industrinya sangat mendukung utk itu. So kolaborasi antara 4 pilar : pemerintah lokal (Pak Ria cs, universitas (poltek batam kali, dll), swasta (telkom, indosat, dll) dan masyarakat (mainnya bekerja di kawasan2 industri) sangat diperlukan utk implementasinya..
    hidup batam cyber island!

  11. Betul juga tulisan abang kite nih. Belum satu bulan digagas, Batam Cyber Island sudah berubah menjadi Batam digital Island.
    Bagian akhir dari tulisan ini seakan menghantarkan kita diantara dua sisi. Namanya saja Fata Morgana……
    Waiiiii Entahlah…………
    Dari Forum IT Batam.

  12. salam kenal

    BY tukymanblog

Tinggalkan Balasan

 
