Sebulan Dapat Rp3 Juta

BATAM (BP) – Selama ini ada anggapan kesejahteraan guru sangat memprihatinkan. Mereka bukan saja menderita karena penghasilan yang tidak memadai, namun karena mereka juga berulang kali harus dipermainkan oleh kebijakan pemerintah.Tetapi pernyataan itu dibantah Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam Muslim Bidin. Ia menegaskan guru di Batam sekarang tidak menderita lagi. Sebab kehidupan guru di Batam sudah sangat sejahtera.

Ia mengatakan demikian karena sekarang guru bisa berpenghasilan sampai Rp3 juta. Bahkan, jumlah itu masih bisa lebih. Karena guru masih memiliki tunjangan lain, seperti tunjangan fungsional dan lainnya, walau jumlahnya tidak terlalu besar.

Selain menerima gaji pokok, guru PNS sekarang juga, memperoleh uang prestasi kerja dan kondisi kerja (dulu disebut insentif, red). Jumlah untuk dua item itu saja, kata Muslim, guru bisa terima sampai Rp1.6 juta, diluar gaji sebetulnya.

“Sebulan, guru PNS sudah bisa membawa gaji take home sekitar Rp3juta-an. Jadi guru-guru (PNS, red) di Batam sekarang sangat sejahtera, gajinya lumayan besar,” tegas Muslim pada wartawan usai membuka pelatihan guru anak usia dini (PAUD) di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Sagulung, Jumat (23/11).

Jika dibanding dengan daerah lain juga, masih Muslim, pendapatan guru di Batam jauh lebih baik. Insentif guru di Jawa masih ada yang menerima Rp 50 ribu sebulan. Jangankan daerah lain, tingginya gaji guru itu, juga menimbulkan kecemburuan bagi guru agama dari departeman agama kota Batam.

“Bahkan perbedaan itu dinilai kesenjangan luar biasa. Karena itu juga terjadilah guru agama menuntut insentif lebih besar,” katanya.

Melihat besarnya gaji guru sekarang, kata Muslim, guru tidak ada alasan lagi untuk malas-malasan. Guru harus lebih fokus mendidik anak di sekolah. Pemerintah baik Kepri maupun Batam akan terus memperhatikan kesejahteraan guru.

Menurut Muslim, minat menjadi guru juga sekarang jauh lebih tinggi dibanding dulu. Dulu, kata dia, dari yang 289 siswa lulus yang pernah ditanya, hanya satu orang yang berminat jadi guru.

Tapi sekarang peminat guru jauh lebih tinggi. Buktinya, tahun lalu pelamar guru mencapai 5000, sementara yang diterima hanya 325 guru. “Membldaknya pelamar guru karena mereka melihat kesejahteraan guru sekarang sangat baik,” katanya.

Meski setiap tahun pemerintah menerima guru PNS, tapi, Kota Batam masih kekurangan. Sampai saat ini Batam masih kekurangan guru sekitar 1000 orang. Berarti peluang untuk jadi guru sangat terbuka. “Tahun ini kita dibatasi, hanya menerima sesuai kuota pusat, 235 orang,” katanya. (ray)

~ oleh iselantang pada November 26, 2007.

2 Tanggapan to “Sebulan Dapat Rp3 Juta”

  1. guru adalah pahlawan dengan jasa. berkat guru kita bisa membaca, menulis, dan berpikir. Guru harus diposisikan sebagai pahlawan. Bukan pahlawan tanpa jasa, tapi pahlawan dengan jasa.

    Slogan pahlawan tanpa jasa adalah kalimat negatif. kalimat negatif ini lama-lama akan tertanam dalam pikiran bawah sadar bagi orang yang mendengarkannya. Dan terbentuklah persepsi bahwa guru adalah pahlawan tanpa jasa.

    Saya menganjurkan slogan terhadap guru dibuat positif saja seperti, “Guru adalah pahlawan bangsa.” Sloganitu kan positif.

    tentang gaji guru saya setuju di tingkatkan asalkan sesuai dengan bakat dan kemampuan. hargailah orang yang berprestasi. Bukan dilihat dari masa pengabdian. gaji guru sebaiknya dinilai berdasarkan prestasi dan kemampuan. seperti pekerja di sektor swsta. gaji manager dihargai tinggi karena prestasinya. pemain bola di liga spanyol (reral madrid dan Barcelona) digaji miliran karena prestasinya bukan karena lama mengabdi.

    Gitu aja kok repot.

  2. seharusnya dg gaji segitu siswa ndak perlu lagi ikut les privat, dak perlu lg ikutan les tambahan. lakalo dg guru segitu akan tetapi siswanya masih membutuhkan les tambahan berarti ngajarnya gak full, tanya kenapa ?
    la klo full kan gak ada ceperan🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: