Pasar Air Tiris Mau di Rehab, Butuh Dana Rp31 Miliar

Bupati Kampar Drs H Burhanuddin Husin MM mengatakan, untuk merevitalisasi Pasar Air Tiris menjadi sebuah pasar yang representatif, diperkirakan akan menghabiskan dana tidak kurang dari Rp31 miliar. Hal tersebut disampaikan bupati dalam ekspose lanjutan berkaitan rencana Pemerintah Kabupaten kampar, Rabu (3/10) di Aula Kantor Koperasi Kabupaten Kampar di Bangkinang.

Kondisi Pasar Air Tiris saat ini sudah tidak memadai lagi, sehingga untuk menjadikannya sebagai pasar yang layak dan representatif, dapat dilakukan dengan beberapa opsi, di antaranya program sharing antara Pemkab Kampar berupa kepemilikan aset sebagai penyerta modal dengan pihak investor dengan pola DOP.

Opsi kedua, dibangun langsung Pemkab Kampar, dengan memakai dana APBD Kampar, melalui program kegiatan multiyears. Untuk mengujudkan cita-cita ini, menurut bupati, perlu dukungan segenap komponen masyarakat terkhususnya masyarakat di lingkungan Kelurahan Air Tiris yang terkena langsung dengan program pengembangan pasar.

”Masyarakat diharapkan dapat memahami maksud pemerintah melakukan pengembangan pasar Air Tiris ini, yang bermuara untuk peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat itu sendiri,”ujarnya.

Bupati menegaskan bahwa dalam membangun pasar yang lebih baik, tidak ada niat untuk mengorban masyarakat dan para pedagang yang berusaha selama ini. Melainkan untuk menyediakan sarana pasar yang lebih nyaman dan indah serta bersih sehingga masyarakat banyak akan nyaman pula berbelanja di pasar ini nanti.

Dikatakan bupati, berkaitan dengan rencana pembangunan Pasar Air Tiris ini, telah dilakukan beberapa kali sosialisasi di antaranya April 2007, terhadap aparat kecamatan, kelurahan dan anggota LPM Air Tiris.

Pada Mei 2007 sosialisasi di Kantor Camat Kampar, Juli 2007 sosialsasi dihadiri oleh pemerintah kecamatan, kelurahan LK/RT serta pedagang di samping itu telah pula dilakukan pendataan ulang terhadap pedagang kaki lima dengan keputusan mendukung rencana repitalisasi pasar ini.

Setelah itu ekspose perencanaan Pasar Air Tiris oleh konsultan perencana CV Anugerah yang dihadiri Bupati Kampar. Dalam kesempatan tersebut bupati memaparkan bahwa kondisi Pasar Air Tiris sekarang ini tercatat luas pasar 3 hektare, rencana peluasan mencapai 1,8 ha sehingga ke depan luas pasar yang akan dibangun mencapai 4,8 ha.

Melalui Dinas Perindagpas Kabupaten Kampar, pada tahun ini telah direncanakan pembangunan los pada pasar tersebut, yang mengacu kepada master plan yang dibuat, sebanyak 8 los dengan ukuran masing-masing los 30 x10 meter akan dibangun pada 2007.

Menyangkut masalah ganti rugi yang diberikan Pemkab Kampar kepada pemilik lahan yang terkena program perluasan pasar, yang disesuaikan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) 2007. Bupati berpesan bahwa kesempatan baik itu terkadang datangnya hanya satu kali, untuk itu kita berharap semua pihak dapat memanfaatkan kesempatan yang diberikan itu, dan dapat memahami maksud baik pemerintah melakukan program revitalisasi pasar ini.(ade)

~ oleh iselantang pada November 14, 2007.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: