Maawuo, Tradisi Menangkap Ikan Bersama Jelang Ramadhan

 Kampar, Kompas – Desa Aursati, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, Riau, dipenuhi ribuan orang, Minggu (25/9). Mereka tumpah ruah turun ke Danau Bakuok menggunakan sampan untuk melakukan suatu tradisi, yakni maawuo atau menangkap ikan bersama-sama. Kegiatan maawuo di Danau Bakuok dilakukan satu tahun sekali, dan biasanya bertepatan dengan saat-saat menjelang Ramadahan.

”Mereka tidak hanya dari sekitar sini, tetapi dari Pekanbaru maupun Sumatera Barat, berdatangan. Hingga dua bulan ke depan, siapa pun boleh masuk ke danau dan mengambil ikan. Namun, setelah masa itu adalah masa pelarangan,” kata Sinar Datuk Besar, Ninik Mamak Pesukuan Melayu Kenegerian Tambang, Minggu.

Menurut Sinar Datuk Besar, perhelatan akbar ini telah dimulai lebih dari 100 tahun lampau. Peluang untuk mengambil ikan secara bebas dan gratis ini dimanfaatkan maksimal, terbukti dari ratusan keluarga yang sengaja mendirikan tenda-tenda untuk menetap selama masa maawuo. Rata-rata setiap keluarga bertahan satu hingga tujuh hari.

Ratusan sampan memenuhi areal danau. Jaring ditebar bersamaan, menimbulkan pemandangan elok. Sementara itu di tepian sungai, selain kesibukan menampung dan memasak ikan, juga diramaikan acara hiburan yang sengaja digelar aparat desa setempat. Anggota keluarga laki- laki terus sibuk menjala, sementara kaum perempuan dan anak- anak bersiaga di tepian menyambut hasil tangkapan.

Danau Bakuok yang berukuran kurang lebih 1.000 m x 100 m itu merupakan kawasan yang dilindungi hukum adat. Danau ini memiliki kandungan berjenis-jenis ikan, seperti patin, baung, dan ikan air tawar lainnya. Selain itu, di Bakuok terdapat ikan khas, yaitu ikan motan. (nel)

~ oleh iselantang pada November 14, 2007.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: