Tiga Tokoh Kampar Diusulkan Menjadi Pahlawan Nasional

BANGKINANG (RP) – Kabupaten Kampar akan mengusulkan kepada pemerintah pusat agar tiga orang tokoh dan pahlawan Kampar dijadikan sebagai pahlawan nasional. Mereka adalah Mahmud Mardzuki, Datuk Tabano dan Datuk Panglima Khatib.

Menurut Bupati Kampar Drs H Burhanuddin Husin MM, ketiga pahlawan Kabupaten Kampar ini layak diangkat jadi pahlawan nasional,”Karena mereka ini mempunyai jasa yang sangat besar dalam memperjuangkan dan mempertahankan Kampar dahulunya dari tangan penjajah,” ujar bupati dalam rapat tim pengusulan pahlawan nasional ini di Bangkinang, Selasa (30/10).

Dalam rapat yang dihadiri oleh Ketua Lak Aliarsyam, keluarga Datuk Tabano, Yayasan Mahmud Mardzuki dan dinas terkait di Pemkab Kampar, bupati menegaskan pengusulan nama nama tokoh ini sebagai pahlawan nasional sudah pernah disampaikan dahulunya bersamaan dengan pengusulan Tuanku Tambusai sebagai pahlawan nasional. Untuk itu saat ini sudah sepatutnya Kampar mengulang kembali pengusulan tersebut karena ini sangat penting bagi Kampar.

Untuk itu Pemkab membentuk tim dan tim ini akan bekerja mencari dan mengumpulkan infomasi dan persyaratan yang akan disampaikan kepada pemerintah pusat. Tim ini diberi waktu bekerja hingga Maret 2008. ”Setelah itu kita kan diskusikan dan kita seminarkan bersama dengan masyarakat sehingga semua bisa saling mengoreksi dan melengkapi,” ujar bupati.

Mahmud Mardzuki selain tokoh kemerdekaan di Kampar juga merupakan tokoh Muhamdiiyah. Perjuangannya bukan hanya menghadapi Belanda saja namun juga mengentaskan masyarakat Kampar saat ini dari belenggu kebodohan. Perguruan Muhammdiyah yang saat ini ada di Bangkinang merupakan kerja keras Mahmud Mardzuki.

Sementara itu Datuk Tabano merupakan tokoh adat yang sangat disegani di Kampar semasa hidupnya. Selain taat dengan aturan adat dan agama, Datuk tabano juga sangat membenci penjajahan belanda dan memobilisasi massa untuk menentang Belanda saat itu, sehingga dalam masa ketika ia masih hidup, Belanda tidak dapat menduduki Bangkinang dan sekitarnya. Datuk Tabano meninggal dibunuh Belanda dalam suatu pertempuran sengit.(rdh/rpg)

~ oleh iselantang pada November 3, 2007.

Satu Tanggapan to “Tiga Tokoh Kampar Diusulkan Menjadi Pahlawan Nasional”

  1. mohon maklumat tentang keluarga suak bin berumbun dan gadon bte. sahar dari genting bankinang (suku peliangbandjar) terimakasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: