Batam, Kok Gelap !

kartu-lebaran-copy.jpgPemerintah kita, kabarnya, mulai tahun 2008, berencana memasang 3 ribuan titik baru lampu penerangan jalan di Kota Batam. Kabarnya, lampu yang akan menerangi kita selaku para pengguna jalan itu, biayanya tak sedikit, miliaran rupiah…

Kabarnya lagi, dana pemasangan lampu jalan itu, di hutang dulu kepada perusahaan pemenang tender pengadaan barang milik pemerintah. Istilah kerennya disebut ” project multi years.”

Kalau saya orang awam, menangkap istilah itu dengan sebutan; barangnya diambil dulu, urusan pembayaran, dicicil sekian tahun sesuai perjanjian yang dibuat.. ha….ha…haaaa…

Sebagai warga yang bermastautin di Kota Batam, saya setuju atas rencana itu. Bahkan, saya menganggap, proyek itu pantas diluncurkan karena sudah terlalu banyak jalan-jalan yang yang rawan karena gelap. Sebut saja salah satu contohnya jalan protokol menuju Bandara Internasional Hang Nadim.

ktr-wako.jpg“Katanya orang Batam itu hebat. Tapi jalan ke bandaranya saja masih gelap,” ungkap salah seorang kawan saya asal Kota Pekanbaru, yang pada bulan puasa lalu, datang ke Batam untuk transit sebelum jalan-jalan ke Singapura.

Apa yang dikatakan kawan saya itu, menurut pendapat pribadi saya ada benarnya. Sebab, Anda sendiri pasti melihat, masih banyak jalan yang usianya sudah tua, hingga usia ke 36 Otorita Batam, masih gelap. Misalnya, jalan laksamana Bintan, yang terletak tidak jauh dari kawasan pusat pemerintahan di Kota Batam.

“Lampu-lampu jalan disini, dibanding Singapura. tak usah ceritalah. Hanya bikin sakit hati,” cerita kawan saya itu ketika dia baru saja pulang berehat selama beberapa hari ke Kota yang jaraknya hanya sekitar 1 jam dari Batam itu.

<Mungkin, Anda punya pendapat lain dari pendapat saya. Supaya kita bisa sharing, yuk komentari tulisan ini. (*)

~ oleh iselantang pada November 2, 2007.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: